Wirausaha Sosial, Wirausaha Sukses, Tokoh Inspirasi Indonesia, Profil Wirausaha Sukses

Selasa, 05 Mei 2015

Business Plan Untuk Wirausaha Sukses

Wirausaha merupakan seseorang yang memberanikan diri untuk berusaha secara individu untuk berinovasi merancang produk baru, memproduksi,  memasarkan, serta mengatur modal operasi untuk mendapatkan sesuatu yang bernilai tinggi. Wirausaha sukses pada mulanya pasti akan menghadapi kendala dalam masa awal merintis usaha yang dimiliki. Apalagi bagi calon wirausaha yang tidak mempersiapkan business plan dengan baik.

Business plan merupakan suatu hal yang wajib dimiliki oleh setiap wirausahawan. Sebuah bisnis baru, apabila tidak memiliki business plan yang bagus maka akan membuat bisnis yang dimiliki jalan di tempat, atau bahkan akan megalami kegagalan.


Wirausaha-Sukses

Seorang wirausaha sukses tentunya memiliki sebuah business plan yang bagus. Pentingnya business plan akan membuat anda memiliki pedoman dalam menjalankan bisnis yang dijalankan. Memiliki business plan berarti anda memiliki sebuah pedoman untuk mendapatkan hasil yang baik. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan sebelum membuat business plan, diantaranya yaitu dengan menentukan kebutuhan pasar yang dipilih apakah sudah sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan? Dan apakah produk atau jasa yang ditawarkan sudah dipasarkan d tempat yang tepat?

Berikut beberapa tips untuk mendapatka pasar yang tepat, serta memperjelas produk atau jasa yang ditawarkan:

  • Paparkan dengan jelas produk atau jasa yang ditawarkan, apa saja keunikan yang dimiliki oleh produk atau jasa yang Anda tawarkan. Usahakan memasarkan produk atau jasa yang memiliki keunikan karena dengan begitu maka konsumen bisa membedakan produk Anda dengan produk sama dari wirausahawan lain.
  • Ketahui dengan benar produk atau jasa yang Anda tawarkan. Passtikan anda menjual atau meawakan produk atau jasa yang spesifik sehingga menarik minatpembeli atau pengguna jasa.
  • Ketahuilah celah yang tidak diambil oleh saingan atau kompetitor anda, pastikan anda mempertimbangkan ceruk bisnis yang tidak dimanfaatkan oleh kompetitor.
Business plan yang baik bermula dari beberapa poin di atas. Seorang wirausaha sukses akan mendapatkan bisnis yang baik dan kuat apabila memiliki business plan yang didasari dengan beberpa tips di atas.>
Wirausaha sukses tidak selalu berhasil pada kesempatan pertama memulai bisnis, jadi bagi anda yang baru memulai bisnis, jangan mudah menyerah untuk mencapai kesuksesan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Business Plan Untuk Wirausaha Sukses